Santri Qothrotul Falah Juara III Cerdas–Cermat Ke-NU-an

Tiga santri Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten, Tajul Muttaqin, Muh. Misbahuddin dan Sudirman, berhasil meraih Juara III Cerdas-Cermat Ke-NU-an se-Kabupaten Pandeglang Banten, Senin, 9 Maret 2020.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Ikatan Sarjana Nahdhatul Ulama (ISNU) Kab. Pandeglang, dalam rangka memperingati Harlah Nahdhatul Ulama (NU) ke-94. Kantor PCNU Kab. Pandeglang menjadi tempat gelaran ajang kepintaran yang diikuti oleh berbagai lembaga ke-NU-an di wilayah Pandeglang dan Lebak ini.

Puncak gelaran Harlah NU ini akan dilaksanakan pada Rabu, 11 Maret 2020 di Alun-alun Kab. Pandeglang, dengan menghadirkan Maulana Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan, Ketua Jam’iyyah Ahlut Thariqah al-Mu’tabarah al-Nahdhiyyah (JATMAN) Nahdhatul Ulama.

Merespon keberhasilannya meraih Juara III, Muh. Misbahuddin menyampaikan kegembiraannya dan rasa syukurnya, karena baru kali ini dirinya mengikuti cerdas-cermat yang temanya terkait dengan ke-NU-an. Persiapanpun tidak dilakukan dengan maksimal, karena banyak agenda yang sedang dilakukan.

Misbah dkk, yang pada akhir Maret akan tampil dalam MTQ Propinsi Banten mewakili Kab. Lebak dalam bidang Musabaqah Fahmil Quran (MFQ) ini menyatakan apresiasinya atas pelaksanaan kegiatan ini.

“Kegiatan ini bagus sebagai tolak ukur pengetahuan masyarakat tentang tradisi ke-NU-an. Semoga saja, kegiatan seperti ini bisa dilanjutkan sampai ke tingkat propinsi, sehingga jangkauannya lebih luas lagi,” katanya.

Bagi Misbah, kegiatan ini akan menambah nilai silaturahim antar lembaga yang mengamalkan tradisi ke-NU-an, utamanya di wilayah Banten. Dalam gelaran kemarin itu, cerdas cermat diikuti oleh puluhan lembaga, termasuk lembaga yang sudah senior.

Misbah punya catatan untuk timnya. “Saya harus banyak menambah wawasan tentang NU. Dan terutama menjalankannya dengan baik. Juga perlu ada perbaikan bagi penyelenggara untuk agenda serupa ke depan,” katanya.[NHM]