Sosialisasi Perbup Lebak No. 28/2020 pada Santri

Di hadapan santri Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten, Camat Cikulur, Dr. H. Iyan Fitriyana, M.Pd., beserta jajarannya menyampaikan Sosialisasi Pelaksanaan Peraturan Bupati (Perbup) Lebak No. 28 Tahun 2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru pada Kondisi Corona Virus Desease 2019 Kecamatan Cikulur, Rabu, 29 Juli 2020.

Bertempat di Majlis Putra Qothrotul Falah, selain dihadiri oleh Camat, sosialisasi ini juga dihadiri oleh Kepala Puskesmas Cikulur Juanda, Kepala UPT Pendidikan, Polsek Cikulur, TNI Cikulur-Warunggunung, Kades Sumurbandung dan banyak lagi. Dari pihak pesantren tampak hadir Koodrinator Majelis Pembimbing Santri (MPS) Nurul H. Maarif, Kepala MTs Qothrotul Falah Ahmad Turmudzi, M.Pd, dewan guru dan para santri.

Dalam paparannya, Camat Cikulur menyampaikan pentingnya kesadaran santri untuk menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid 19 ini. Karena itu, Perbub yang mengatur protokol kesehatan ini penting disosialisasikan.  

“Kalau ada yang melanggar, akan kena sanksi dari yang sifatnya edukatif seperti hafalan Pancasila, kerja sosial membersihkan masjid, sampai sanksi denda berupa uang,” ujarnya.  

Sedangkan Kepala Puskesmas Cikulur, Juanda menekankan pentingnya PHBS atau Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, yang juga menjadi point penting dalam Perbup Lebak.

“PHBS itu dengan memakai masker, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak fisik dan sebagainya,” katanya.

Secara khusus, pihak pesantren melalui Kepala MTs Qothrotul Falah, Ahmad Turmudzi, menyampaikan terima kasihnya atas sosialisasi ini. “Ini sangat bermanfaat bagi santri-santri kami. Semoga semuanya diberikan kesehatan oleh Allah Swt,” katanya.[nhm]