Peduli Sosial di Musim Pandemi Covid

Di musim Idul Adha 1441 H ini, Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten kembali menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban sebagaimana pada Idul Adha sebelumnya.

Pada Idul Adha kali ini, yang digelar Jumat, 31 Juli 2020, sapi dan kambing kurban yang diterima oleh pesantren lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.

“Kali ini sapinya ada tiga dan kambingnya ada sembilan. al-Hamdulillah lebih dari 400 paket daging kurban kami salurkan pada guru-guru dan masyarakat sekitar. Santri dua hari full lauknya daging. Penyembelihan diselenggarakan dalam dua hari,” ujar Koordinator Majelis Pembimbing Santri (MPS) Nurul H. Maarif.

Di musim pandemi Covid, yang menghadirkan kesulitan ekonomi masyarakat ini, ternyata antusias untuk berbagi justru lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“al-Hamdulillah, kepedulian rekan-rekan kita yang berkecukupan sangat tinggi. Masyarakat yang kesulitan bisa merasakan daging di musim yang serba sulit ini. Kita doakan semoga masyarakat mendapatkan kegembiraan dan yang memberikan kurban diberikan rejeki dan kesehatan terbaik,” ujarnya.

“Ujian kepedulian sosial yang sesungguhnya itu ya ketika kita dalam keadaan yang sulit, namun kita tetap memikirkan orang lain. Ini perilaku sangat mulia dan sangat Allah cintai. Bersyukurlah bagi yang rejekinya berlebih,” sambungnya.

Tiga sapi yang diterima berasal dari Mantan Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya, Miss Eneng Atikoh (Yogyakarta) dan masyarakat Sumurbandung. Sedangkan sembilan kambing berasal dari R Sukrido Hastobroto (MayBank Indonesia), Penta Fani (MayBank Indonesia), Walisantri Anggun Cilegon, Wali Santri Restu Lebak, dua ekor dari Bunda Ilham Makkah dan selebihnya masyarakat sekitar.

Sebelum dilakukan penyembelihan, para santri dan warga menggelar shalat Id bersama di Lapangan Futsal Qothrotul Falah. Bertindak sebagai imam dan khatib adalah Ustadz Zairul Arifin, M.Pd., dari Inderamayu Jawa Barat.

Dalam khutbahnya, Ustadz Zen mengingatkan pentingnya kepedulian sosial di musim pandemi ini. Yang berkecukupan rejeki hendaknya menyisihkan rejekinya bagi masyarakat yang membutuhkan.

Selain itu, beberapa kegiatan santri juga diselenggarakan; lomba pidato, lomba shalawat, lomba takbiran, pawai dan sebagainya. Semoga Idul Adha di musim sulit ini memberikan kegembiraan bagi semua.[nhm]