Dua Puluh Empat Hari Latih Desain Grafis

Bekerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia (Kemnaker RI), Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten kembali menyelenggarakan pelatihan, setelah vakum beberapa bulan sebagai dampak Covid 19. Pelatihan Angkatan III ini diselenggarakan selama 24 hari kerja, 20 Juli s.d. 18 Agustus 2020.

Kali ini, BLK Qothrotul  Falah melatih 16 peserta mendalami Desain Grafis, di bawah arahan instruktur Andri Fauzi, S.Sos. (Pothoshop) dan M. Eman Sulaiman (CorelDrow). Peserta berasal dari berbagai wilayah, baik dari Kabupaten Lebak maupun di luar Lebak, seperti Pandeglang, Serang bahkan Tangerang.

Pada kegiatatan ini, berbagai keahlian Desain Grafis diajarkan oleh dua instruktur itu. Misalnya, keahlian membuat kartu nama, ID Card, editing poto dan lain sebagainya. Khusus untuk pelatihan ini, BLK menyediakan alat-alat baru untuk kepentingan pemaksimalan kegiatan ini.

“Dua pelatihan sebelumnya kami mengedepankan program Computer Operator Assistant dan kali ini Desain Grafis. Kalau kita lihat pemetaan persaingan saat ini, kelihatannya Desain Grafis akan lebih menjanjikan kesuksesan,” ujar Kepala BLKK Qothrotul Falah, Nurul H. Maarif.

Namun demikian, Desain Grafis yang diajarkan masih tahap awal atau dasar, yang tentu saja perlu dilakukan pendalaman lebih lanjut.

“Jangan hanya berhenti di sini. Harus dimatangkan lebih lanjut oleh peserta jika memang benar-benar memiliki keinginan mendalami dunia Desain Grafis,” ujarnya.

Dikatakan oleh instruktur, Andri Fauzi, dari 16 peserta, tampaknya tidak semua memiliki sense yang tinggi di bidang ini.

“Ada beberapa yang kelihatannya berbakat dan bagus jika dikembangkan lebih jauh. Ada juga beberapanya yang perlu dibina lebih lanjut,” ujarnya.

Semoga saja, pelatihan yang sepenuhnya dibiayai oleh Kemnaker RI ini, baik transport, seragam, makan, sertifikat, honor instruktur, bahan pelatihan, dll, benar-benar mampu membantu penanaman skill bagi peserta yang akan bersaing di masyarakat global kelak.

Menjadi peserta pelatihan ini, para peserta menyampaikan terima kasih yang mendalam pada seluruh pihak yang turut memfasilitasi kegiatan ini.

“Untuk itu terima kasih banyak untuk Kemnaker RI, termasuk juga BBPLK Serang yang terus mendampingi kami tanpa lelah,” ujar Nurul H. Maarif.[nhm]