Peringati HUT RI 75 dengan Berbagai Kegiatan

Segenap Civitas Akademika Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten menyelenggarakan upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-75, Senin, 17 Agustus 2020, di Lapangan Cigajah.

Tampak hadir Kepala SMA Qothrotul Falah, KH. Abdurohman Syatibi, M.Pd., Kepala MTs Qothrotul Falah Ahmad Turmudzi, M.Pd., Koordinator Majelis Pembimbing Santri (MPS) Nurul H. Maarif, dewan guru dan para santri, baik MTs maupun SMA.

Peringatan HUT RI Ke-75 yang dipimpin oleh Koord. MPS Nurul H. Maarif, ini berlangsung khidmat. Dalam wejangannya, Nurul menyatakan bahwa perjuangan para pahlawan kemerdekaan haruslah senantiasa menjadi memori anak bangsa.

“Banyak diantara mereka yang berjuang untuk kemerdekaan bangsa ini, namun sama sekali tidak menikmati sedikitpun indahnya kemerdekaan. Sebaliknya, hari ini kita tidak berjuang  memerdekakan bangsa ini, namun kita menikmati indahnya kemerdekaan,” ujarnya.

“Ini semestinya menjadi renungan betapa kita hari ini adalah anak bangsa yang beruntung dan berhutang jasa pada para pendahulu kita,” imbuhnya.

Karena itu, Nurul berharap, hendaknya generasi saat ini tidak menyia-nyiakan jerih payah para pahlawan yang telah mengorban jiwa, raga dan harta.

“Kita zalim dan berdosa jika menyia-nyiakan perjuangan mereka. Yuk kita ini kemerdekaan dengan aneka kemanfaatan. Sebagai santri, yuk belajar yang tekun dan serius, karena masa depan bangsa ini ada di tangan kita semua. Bikinlah para pahlawan kita tersenyum, jangan dibikin menangis karena kita tidak melakukan apapun untuk bangsa ini,” katanya.

Selain kegiatan upacara, peringatan HUT ini juga diwarnai dengan berbagai perlombaan. Ada Ranking I, Panjat Pinang, Pidato, dan sebagainya. Bahkan di malam kemerdekaan para santri dan dewan guru bersama-sama memanjatkan tahlil untuk arwah para pahlawan.

Semoga kegiatan semacam ini akan memberikan spirit bagi para santri untuk kian semangat dan serius mengisi kemerdekaan dalam rangka menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sekaligus menanamkan rasa cinta tanah air.[NHM]