Tiga Guru Pondok Ikuti Workshop Moderasi Beragama

Rabu, 23 September 2020, tiga guru Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten, yakni Ustadz Muhammad Eman Sulaiman, Ustadz Subandi, S.Pd., dan Ustadzah Nining S. Wafy, S.Sos., mengikuti kegiatan workshop bertema “Peran Tokoh Agama dan Tokoh Perempuan Membumikan Moderisasi Beragama di Banten”.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Forum Koordinasi Penanganan Terorisme ( FKPT) Provinsi Banten), ini berlangsung di Rahaya Resort Rangkasbitung.

Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 60 peserta yang berasal dari berbagai wilayah di Kabupaten Lebak dan juga dari beberapa elemen seperti tokoh masyarakat, tokoh perempuan, mahasiswa, guru, dll.

Dalam kesempatan kegiatan ini, Penitia Penyelenggara Siti Nurasiyah, MM, menyampaikan pentingnya peran tokoh agama dalam menyebarkan moderasi beragama, terutama dalam konteks masyarakat Banten.

“Peran para tokoh agama dan tokoh perempuan sangatlah penting dalam membangun pemahaman moderat di masyarakat. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini para tokoh agama dan tokoh perempuan menjadi sentral dalam membentuk karakteristik moderasi beragama yang baik khususnya di wilayah Provinsi Banten,” ujar Siti Nurasiyah, yang juga Ketua Fatayat NU Lebak ini.
 
Melalui kegiatan ini banyak hal yang didapatkan ujar. “Selain mendapatkan pengalaman, rekan baru, kita juga mendapat ilmu perihal pentingnya bertoleransi,” ujar Ustadz Subandi.

Semoga saja, tiga guru yang dikirimkan oleh Pondok Pesantren Qothrotul Falah mendapatkan pengalaman baru dan mampu menjadi bagian penting pelopor moderasi di lingkungan pesantren khususnya dan masyarakat umumnya.[]