BLK Qohrotul Falah Kembali Selenggarakan Pelatihan Desain Grafis

Bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Republik Indonesia, BLKK Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten kembali mengadakan Pelatihan Desain Grafis. Terhitung sejak 2019, kali memasuki Angkatan yang Ke-V, yang diselenggarakan selama 19 Oktober s.d. 18 November 2020.

Seperti biasanya, kegiatan ini diikuti oleh 16 peserta dari berbagai wilayah. “Secara umum masih dari wilayah sekitar, Cikulur, Warunggunung dan Cileles. Tapi ada juga yang dari luar Banten,” ujar Kepala BLK Nurul H. Maarif.

Untuk periode kelima ini, peserta yang terlibat didominasi non-alumni, baik dari utusan pesantren maupun selainnya. “BLK kami memang diperuntukkan bagi semua kalangan yang tidak memiliki kegiatan sama sekali atau korban PHK, baik alumni maupun non-alumni. Semua punya hak yang sama,” ujarnya.

Mereka dibimbing secara insentif oleh dua instruktur BLK, Andri Fauzi dan M. Eman Sulaiman. Dan didamping pengelolaannya oleh Bunda Saadah dan Syifa F. Fajriyah.

“Bang Andre sendiri sudah punya sertifikat kompetensi resmi dari Kemnaker, sehingga memiliki kelayakan yang cukup. Bang Eman secara kemampuan juga oke, cuma belum punya SIM aja. Semoga kelak punya sertifikat resmi juga,” katanya.

Dalam kegiatan pelatihan ini, para peserta diberi fasilitas secara cuma-cuma. Misalnya, kursus yang semestinya harus mengeluarkan dana jutaan, di BLK ini mereka tidak perlu mengeluarkan dana sepeserpun. Pembiayaan instruktur, bahakn pelatihan dan seluruh kegiatan dihandle oleh Kemnaker.

Mereka juga mendapat fasilitas lain semisal seragam dua potong, ATK/perlengkapan, makan siang, konsumsi, sertifikat, uang transport perhari, juga uang insentif.

“Pokoknya enak lah. Tinggal belajar maksimal, semua disiapkan oleh lembaga. Karena itu, mohon semua memanfaatkan kegiatan ini secara maksimal, karena kita bertanggungjawab pada pemerintah,” katanya saat pembukaan, Senin, 19 Oktober 2020.

“Kita harus berterima kasih sebesar-besarnya pada pemerintah yang telah memberikan fasilitas ini, terutama Kemnaker RI melalui BBPLK Serang Banten,” jelasnya.

Hingga Angkatan V, BLKK Qothrotul Falah tercatat telah melatih 80 peserta. Semoga saja kegiatan ini mampu memberikan skill tambahan bagi para lulusan BLK Qothrotul Falah di bidang TIK, sehingga mereka mampu bersaing lebih rasional di kancah global. Amin! [nhm]