Pesantren Bikin Dua MCK dan Penampungan Air 10 Ribu Liter

Untuk memberikan kenyamaman dan pelayanan terbaik pada santri-santri, Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten, terus berupaya membenahi dan meningkatkan fasilitas yang ada.

Dalam dua bulan terakhir ini, Pesantren membangun dua MCK, yang setiap MCKnya terdiri empat pintu. Untuk dua MCK ini, pembiayaannya dibantu oleh Pemprov Banten dan Kementerian PUPR.

Satu MCK ditempatkan di belakang asrama santri putera. Dan satu lagi ditempatkan di samping Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Qothrotul Falah. Dua-duanya diperuntukkan bagi kepentingan santri dan siapapun yang berada di lingkungan pesantren.

Untuk MCK yang di belakang asrama, modelnya standar umumnya MCK di pesantren. Namun untuk MCK yang dari PUPR, ini kelasnya lebih baik dari MCK pada umumnya; empat pintu, empat tempat wudhu, empat wastafel, lima tempat cuci, shower dan sebagainya.

“Untuk santri, MCK dari PUPR ini sangat mewah. Insya Allah akan kian memberikan kenyamanan bagi para santri dan guru,” ujar Bunda Dede Saadah.

Ke depan, ujar Ketua YPI Qothrotul Falah KH. Abdurohman Syatibi M.Pd., pihaknya akan membuat beberapa MCK lagi, untuk santri puteri dan tamu-tamu.

“Tahun depan insya Allah kita bikin lagi,” katanya.

Selain membuat dua MCK, pesantren juga membuat penampungan air berkapasitas 10 ribu liter dengan ukuran 6 m x 2 m. Penampungan setinggi 5 m ini diprioritaskan untuk kebutuhan air bersih para santri dan guru-guru.   

Mudah-mudahan saja, dengan kelengkapan sarana prasarana ini, santri dan para guru, juga wali santri kian terfasilitasi dengan baik. Dan tentu saja, pesantren akan terus berupaya melengkapi sarana yang kurang dan memperbaiki sarana yang rusak.[nhm]