Dakwahkan Islam Ramah, Fatayat NU Lebak Launching Fordaf

Pengurus Cabang (PC) Fatayat Nahdhatul Ulama Kab. Lebak secara resmi melaunching Forum Daiyah Fatayat (Fordaf), Sabtu (20/2/2021), di Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten.

Launching ini dihadiri oleh Ketua PCNU Kab. Lebak K. Aep Saefudin Asysyadzili S.Ag., Ketua PC Fatayat NU Lebak Wilda Tusururih, M.Pd., Ketua PC Muslimat NU Lebak Yayah Suhayah, M.Pd., pengurus PC Fatayat NU Lebak dan beberapa unsur gerakan wanita di Lebak.

Fordaf adalah program kerja di bawah Bidang Dakwah PC Fatayat, yang dikoordinatori oleh Hj. Dede Saadah Syatibi, M.Pd. Kegiatan launching ini diisi Pengajian Umum bertema “Ahlus Sunnah wa al-Jamaah” yang disampaikan oleh Dr. H. Nurul H. Maarif, M.A., yang juga Wakil Ketua PCNU Kab. Lebak.

Dikatakan Dede Saadah Syatibi, Fordaf adalah kepanjangan tangan Fatayat untuk menyampaikan nilai-nilai islam yang ramah, bukan marah, merangkul bukan memukul, rahmat bukan laknat, mencintai bukan melaknati, dan mengedepankan kemanusiaan.

“Insya Allah, setelah launching resmi ini, kegiatan pengajian Fordaf akan diselenggarakan setiap bulan sekali dan tempatnya bergiliran. Ini untuk memperluas jangkauan kemanfaatan dakwaf Fordaf,” ujar Puteri Rais Syuriah PCNU Kab. Lebak, KH. Achmad Syatibi Hambali, ini.

Menurut Bunda – sapaan akrab Dede Saadah Syatibi – tantangan dakwah Fordaf ke depan cukup berat, karena menghadapi kelompok-kelompok Islam yang galak. Apalagi di zaman media sosial.

“Tantangan ini sudah semestinya disambut dengan penuh kesiapan oleh Fordaf,” katanya.

Dalam sambutannya, Ketua PC Fatayat Wilda Tusururoh menyampaikan harapan supaya Fordaf ini menjadi wadah silaturahim bagi dai-dai perempuan di bawah Fatayat NU. “Fordaf ini juga wadah menghimpun ide-ide tentang Islam Ahlus Sunnah wal Jamaah dan perspektif jender atau fiqh al-Nisa;,” katanya.

Wilda lalu menjelaskan, Fordaf adalah amanat Muktamar 2012 di Bogor Jawa Barat, mengingat pentingnya menyampaikan dakwah yang rahmatan lil alamin. “Dan dakwah inilah ruh gerakan Fatayat yang sesungguhnya,” ujarnya.

Secara resmi, launching Fordaf dilaksanakan oleh Ketua PCNU Kab. Lebak, K. Aep Syaifuddin Asysyadzili. “Semoga melalui Fordaf ini, muncul dai-dai Fatayat yang mampu membawa nilai-nilai Aswaja, khususnya Aswaja al-Nahdhiyyah,” kata Pengasuh Pondok Pesantren Al-Marjan Mulabaru Cipanas Lebak ini.

Kiai Aep berharap, selain menghidupkan Fordaf, PC Fatayat NU Lebak juga menyelenggarakan program lain yang bermitra dengan berbagai lembaga, baik pemerintah maupun swasta.

“Misalnya, cari program pemberdayaan ekonomi rakyat. Ini penting! Saya titip pada jamaah, mari jadikan diri kita manfaat untuk banyak orang,” ujarnya memberi wejangan.

Semoga saja, kegiatan Fordaf ini mampu mengawal nilai-nilai Islam Ahlus Sunnah wal Jamaah yang mengemban misi rahmatan li al-alamin.[nhm]