Gempa Literasi; Dari Kampung untuk Nusantara

Judul      : Gempa Literasi; Dari Kampung untuk Nusantara
Penulis    : Gol A Gong dan Agus M. Irkham
Penerbit  : Kepustakaan Populer Gramedia (KPG)
Tahun     : Februari 2012
Halaman  : 519 halaman

Meminjam kata Rendra (almarhum), kreativitas memiliki tiga syarat utama; cinta kasih, keterlibatan, dan nilai-nilai universal. Ketiganya diikat dalam satu kalimat; masuk dalam kontekstualitas sambil meraih ridha Allah. Buku ini merupakan salah satu hasil sublimasi konsep tersebut; bentuk cinta kasih dan keterlibatan Gol A Gong dan Agus M. Irkham – aktivis Forum Taman Baca Masyarakat – di lapangan literasi.

Literasi dihadirkan dalam dua sisi; konsep dan praksis. Sisi pertama memahamkan dan memberi pijakan tentang urgennya “melekat literasi”, memberikan panduan perkembangan literasi di Indonesia, serta mendedahkan pentingnya masyarakat pembelajar. Sisi kedua berupa contoh bagaimana buku diupacari dan dirayakan komunitas literasi.

Bentangan tema dalam buku ini begitu luas, karena literasi berjalin erat dengan kehidupan, mulai dari dunia penerbitan, komunitas literasi, perpustakaan, kampanye baca-tulis, hingga isu sosial, karena ia tak hidup dalam ruang hampa udara. Pembicaraan yang ditampilkan dalam 99 esai pun punya makna khusus; undangan agar para pembaca menggenapinya jadi 100 melalui aksi nyata dalam bentuk tulisan.

Gol A Gong dan Agus M. Irkham mengingatkan gempa literasi, gempa yang tidak bersifat menghancurkan, tapi justru membangun.[]