Menghadirkan Islam yang Ramah

Judul Buku       : Kerahmatan Islam

Penulis              : Nurul H. Maarif

Penerbit            : Quanta Kompas Gramedia

Tahun               : 2016

Halaman           : 157

 

Bahwa Islam itu rahmah li al-‘alamin, semua pemeluk Islam mengetahuinya. Allah Swt telah menjelaskan melalui firman-Nya. Muhammad Saw juga telah meneladankan melalui lelakunya. Nyatanya, masih banyak pekerjaan rumah yang menuntut segera dituntaskan. Aneka tindakan radikal dan antiperdamaian, masih saja ditunjukkan oleh saudara-saudara kita yang mengaku muslim. Atas nama membela Islam, sesungguhnya saudara-saudara kita justru tengah menghitamkan wajah Islam.

 

Buku Kerahmatan Islam ini berupaya menyadarkan kembali memori kita tentang ajaran Islam yang ramah, bukan yang marah. Di dalamnya ditampilkan teladan perdamaian dan teladan kepemimpinan, yang dinukil dari al-Qur’an dan al-Sunnah. Tak elok sekaligus tak pantas kiranya, kita mengaku sebagai hamba Allah Swt dan sekaligus sebagai umat yang mencinta Muhammad Saw, namun kita tidak menunaikan ajaran-Nya dan menjauhi keteladanannya.

Melalui perujukan pada karya-karya yang bisa dipertanggungjawabkan, kiranya informasi yang terhidang di dalammnya sayang diabaikan begitu saja oleh siapapun yang sungguh-sungguh mencintai Islam. Olahan bahasa yang ringan dan banyaknya kisah-kisah yang ditampilkan, menjadikan buku ini penting untuk segera ditelaah.[]