Samudra Keteladanan Muhammad

Judul Buku : Samudra Keteladanan Muhammad
Penulis : Nurul H. Maarif
Penerbit : Alvabet
Tahun Terbit : Juni 2017
Tebal : 403 halaman

Perbedaan Rasulullah Saw dengan umatnya hanyalah “sedikit.” Beliau sedikit-sedikit beribadah, umatnya sedikit beribadah. Beliau sedikit-sedikit baca al-Qur’an, umatnya sedikit baca al-Qur’an. Beliau sedikit-sedikit menangis, umatnya sedikit menangis. Beliau sedikit-sedikit bertanya tentang umatnya, umatnya sedikit bertanya tentangnya. Beliau sedikit kenyang, umatnya sedikit-sedikit kenyang. Begitu seterusnya.

Itulah “sedikit” jurang perbedaan menganga antara yang dicintai dan para pecintanya. Keteladanannya bak samudera tak bertepi. Andai umatnya kuasa menyelami bibir pantainya saja, niscaya mereka menjadi pribadi luhur penuh kasih sayang. Buku ini hadir untuk mengingatkan kembali mutiara keteladanan Putera Abdullah dan Aminah itu sebagai “teladan yang sesungguh-sungguhnya teladan”.[]

(1)

"Akhlak Rasulullah shalla Allah 'alaih wa sallam adalah al-Qur'an. Itulah penggambaran singkat nan utuh oleh Aisyah bint Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiya Allah 'anhuma tentang suaminya. Buku ini menampilkan sisi-sisi akhlak qurani yang menjadi mata air keteladanan sepanjang zaman itu. Buku ini perlu menjadi bahan telaahan bagi kaum muslim yang mencintainya dan berupaya mengamalkan sunnahnya." (Prof. Dr. KH. Said Agil Husin al Munawwar, M.A., Menteri Agama Kabinet Gotong Royong, Guru Besar Fiqh dan Ushul Fiqh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Ketua Umum Ikatan Qari dan Qariah Hafidz dan Hafidzah Indonesia).

(2)

"Di antara begitu banyak buku yang mengulas sosok Muhammad Saw, buku ini hadir dengan tuturan yang mudah dicerna disertai referensi yang memadai. Membaca buku ini akan menebalkan cinta padanya dan akan menghadirkan kesadaran baru tentang kepribadiannya yang betul-betul purna". (Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, M.A., Imam Besar Masjid Istiqlal dan Rektor Institut PTIQ Jakarta).

(3)

“Buku ini memotret secara multidimensional kemuliaan dan keagungan Nabi Muhammad Saw. Menjadi sumber referensi utama untuk diteladani bagi pengikutnya yang setia hingga akhir zaman. Mudah dibaca dan perlu.”

(Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd., Rektor Untirta Banten dan Ketua Tanfidziah PWNU Banten)

(4)

“Buku ini mengulas detail-detail karakter Rasulullah Saw, baik sebagai pribadi, pemimpin umat, maupun utusan Allah Swt. Di tengah kehidupan yang kian miskin keteladanan, buku ini mengajak kita untuk mengingat sejarah Rasulullah Saw. Dengan menyimak sejarahnya, hati kita akan lebih mantap untuk meneladaninya. Karena itu, buku ini penting ditelaah oleh siapapun yang ingin mengetahui sejarah Rasulullah Saw serta meneladani kehidupannya.”

(Prof. Dr. H.E. Syibli Syarjaya, LML, Guru Besar Hukum Islam IAIN Sultan Maulanan Hasanuddin Banten, Ketua LPTQ Banten dan Wakil Ketua Badan Wakaf Indonesia [BWI])

(5)

“Kiai Nurul secara usia relatif muda, tetapi kreativitas dan karya tulisnya bisa dibilang sangat produktif. Keilmuannya yang mumpuni membuat kita bisa banyak belajar padanya, terutama melalui buku tentang Muhammad ini. Kita doakan mudah-mudahan ia diberikan kesehatan, sehingga bisa memberikan kemanfaatan untuk umat. Amin!”

(Prof. Dr. H.B. Syafuri, M.Hum, Guru Besar Hukum Islam IAIN Sultan Maulana Hasanudin Banten)

(6)

“Sosok pribadi yang agung, Muhammad Saw, sebagai utusan Allah Swt dan sekaligus nabi, ini sudah banyak yang menuliskan. Semakin banyak yang menuliskan, semakin banyak yang terungkap dan dapat dijadikan teladan bagi umat Islam. Dalam buku ini, pembaca diajak menjadi pribadi yang baik dengan menjadikan Muhammad Saw teladan sepanjang masa yang tak lekang dari perubahan zaman dan waktu. Ialah akhlak yang mulia, yang senantiasa diajarkan untuk kebaikan kemanusiaan.”

(Prof. Dr. H. Muhammad Alfatih Suryadilaga, S.Ag., M.Ag., Guru Besar Hadis dan Ilmu Hadis UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Ketua Prodi Ilmu Hadis UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2016-2020, dan Ketua Asosiasi Ilmu Hadis Indonesia [ASILHA] 2016-2021)

(7)

“Menulis karya tentang Nabi Muhammad Saw memang akan selalu menarik dan tidak akan pernah usang. Karya Ibn Hisyam dan Ibn Ishaq membuktikan itu. Sahahat saya, Nurul H. Maarif, mengikuti jejak para ulama terdahulu. Karya ini bukti keabadian cinta sang Nabi dengan “sahabat”nya Nurul H. Maarif, seorang sahabat yang menggambarkan pujaannya dengan cara yang mengesankan dan mencerahkan.”

(Dr. Hj. Nur Arfiyah Febriani, M.A., Ka Prodi Program Doktor Ilmu al-Qur’an dan Tafsir Institut PTIQ Jakarta dan Penulis Buku “Ekologi Berwawasan Gender dalam Perspektif al-Quran”)

(8)

“Nabi Muhammad Saw adalah teladan mulia yang pribadinya tak pernah lekang dibahas. Kali ini penulis berbakat dan memiliki otoritas ini yang mengupas pribadi Nabi Mulia melalui buku Samudera Keteladanan Muhammad. Banyak detail menarik yang ditulis berdasarkan sumber otoritatif, tetapi diramu dengan bahasa yang dinamis. Highly recommended!”

(Firdaus Wajdi, PhD, Dosen Tetap pada Prodi Ilmu Agama Islam, Universitas Negeri Jakarta dan alumni Religion and Society Research Cluster, Western Sydney University, Australia)

(9)

“Buku Samudera Keteladanan Muhammad karya Nurul H. Maarif ini mengurai lengkap perjalanan hidup Rasulullah Muhammad Saw, sekaligus mengungkap karakteristik dan keperibadiannya. Dengan sifat pribadinya yang luhur dan kepiawaiannya memimpin dan melayani umat, beliau mampu mengubah wajah dunia yang berperadaban dalam waktu sangat singkat. Buku ini dapat menginspirasi kita untuk menteladaninya dalam semua dimensi kehidupan.”

(Dr. H. Zakaria Syafei, M.Pd., Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia [MUI] Provinsi Banten)

(10)

“Selama ini sejumlah tafsir keagamaan sering bernuansa kekerasan terhadap anak. Padahal secara konseptual Islam merupakan agama ramah anak. Hadirnya buku Karya Dr. Nurul H. Maarif, M.A. ini, sekaligus sebagai counter terhadap persepsi sebagian public yang peyoratif terhadap Islam.”

(Dr. Susanto, M.A., Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia [KPAI])

(11)

“Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada penulis. Buku ini penting untuk dimiliki oleh setiap keluarga muslim. Begitu lengkap, simpel dan cerdas dalam menjawab tantangan hidup sehari-hari, menuju kesejahteraan dan kemaslahatan”.

(Dr. Emy Rianti, MKM., Dosen Poltekkes Kemenkes Jakarta I)

(12)

“Membaca karya sahabat saya ini, saya merasa terhanyutkan oleh pesan moral tentang keteladanan Rasulullah Saw. Lebih-lebih di saat banyak orang mengatasnamakan Rasulullah Saw, tetapi sebenarnya tidak meneladaninya. Runtut dan menarik untuk dibaca oleh semua kalangan.”

(Dr. Supian Ramli, M.Ag., Penceramah dan Wakil Dekan BUPK Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jambi)

(13)

“Sudah tidak terhitung buku dan karya tulis yang membahas tentang keagungan Muhammad Saw. Bahkan sebelum kelahirannya secara fisik ke dunia, kitab-kitab terdahulu sebelum al-Qur’an sudah mengungkapkannya. Buku ini hadir mengupas kembali tentang riil kepribadian dan karakter manusiawi sosok Muhammad Saw dengan bahasa yang ringan dan inspiratif.”

(Dr. H. Fauzan Adzim, M.A., Doktor BidangTafsir Lulusan Universitas Moulay Ismail Meknes-Maroko)

(14)

“Kita membutuhkan teladan dalam melakoni peran strategis kita untuk turut serta membangun peradaban mulia. Teladan itu ada pada Nabi Muhammad Saw. Dan teladan beliau tersaji secara fungsional dalam buku ini. Buku yang sangat bagus!”

(Dr. Iyan Fitriyana, M.Pd., Kasubag Keagamaan Kesra Setda Kab. Lebak dan Anggota Komisi Penelitian dan Pengkajian MUI Provinsi Banten)