Angkatan XX Santuni Santri Yatim

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Kepedulian sosial pada anak-anak yatim dan yatim piatu ditunjukkan oleh Alumni Pondok Pesantren Qothrotul Falah Angkatan XX. Bertempat di Majlis Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak, mereka memberikan santuan pada 10 santri yang tidak mampu, Ahad, 25 Mei 2021 sore.

Mereka juga sekaligus memberikan santapan buka puasa bersama untuk guru-guru. Diantara guru-guru yang turut hadir adalah Ustadz Agus F. Awaludin, Ustadz H. Agus Badrussalam, Ustadz Mahfudz Husaini, Ustadz Subandi, Ustadz Apriadi, Ustadzah Hj. Dede Saadah Syatibi, Ustadzah Nining S. Wafy, Ustadzah Amanah dan lainnya.

“Niat kami mengadakan acara santunan di pondok ini sebetulnya sudah ada sejak Ramadhan sebelumnya, namun belum terlaksana, karena satu dan lain hal. al-Hamdulillah pada tahun ini bisa terlaksana berkat partisipasi dari Angkatan XX,” ujar Syifa F. Fathiyah, salah satu perwakilan Angkatan XX yang hadir.

Syifa menyatakan, kegiatan santunan ini meneladani dan sekaligus mendapat support dari angkatan sebelumnya, yakni Angkatan XIX atau Genesis.

“Ada 10 santri yatim yang disantuni dan ditambah beberapa anak tahfidz. Dana yang terkumpul kami galang dari setiap anggota Angkatan XX dengan cara dicicil dari sebelum Ramadhan,” jelasnya.

Apa tujuan yang disasar?

“Tujuan dilaksanakannya acara ini adalah untuk menjalin silaturahmi dengan sesama, pun dengan guru-guru  dan pondok. Dan santunan ini pun dilaksanakan untuk saling berbagi di bulan suci ini,” katanya.

“Kegiatan ini mengusung tema Ramadhan Berkah dengan Sedekah, karena di setiap rezeki manusia ada hak anak yatim di dalamnya,” katanya lagi.

Syifa dan rekan-rekannya berharap kegiatan ini bisa mempererat tali silaturahim dan tali persaudaraan antara alumni dengan keluarga pesantren. “Semoga juga menjadi wasilah tersampaikannya barakah guru kepada kami,” ujarnya.

Ke depan, dikatakan Syifa, Angkatan XX juga berencana mengadakan kegiatan yang serupa secara rutin.  “Dan semoga bisa lebih besar lagi skalanya,” katanya.

Merespon kegiatan ini, Koordinator Majelis Pembimbing Santri (MPS) Nurul H. Maarif menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya. “Di tengah situasi pandemi, kita serba kesulitan, rupanya anak-anak kami memiliki kepedulian sosial yang patut dibanggakan. Inilah inti nilai kemanusian,” ujarnya. Nurul sendiri tidak bisa turut hadir karena mengikuti kegiatan lain di Serang Banten.

Dikatakannya, menyantuni anak yatim/yatim piatu adalah petintah Alquran dan sunnah, yang sudah semestinya dilakukan oleh setiap muslim yang berkecukupan. “Dan mereka ini, anak-anak yang masih muda dan secara umum belum punya pekerjaan tetap, memiliki kesadaran yang tinggi untuk mengamalkan ajaran agamanya. Ini patut menjadi teladan bagi alumni yang lain,” kata Pengelola Pondok Anak-anak Qothrotul Falah ini.

Tak lupa, Nurul H. Maarif menyampaikan terima kasih yang mendalam atas diselenggarakannya kegiatan ini. “Insya Allah rejeki kalian tidak akan berkurang melainkan terus bertambah dan bertambah, sesuai janji Allah Swt,” katanya.[sff/nhm]

Pondok Pesantren Qothrotul Falah

Alamat:
Jl. Sampay-Cileles Km. 5
Ds. Sumurbandung Kec. Cikulur Kab. Lebak
Provinsi Banten (43256)

E-mail :
info@qothrotulfalah.com

Developed by