MABIS, KBM dan Perombakan Pimpinan Sekolah

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Sebagaimana biasanya, santri-santri yang baru datang ke Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten menjalani Masa Bimbingan Santri (MABIS) selama beberapa hari. Kegiatan ini diniatkan untuk memberikan informasi pada santri baru Tahun Ajaran 2021-2022 tentang dunia pesantren, sehingga mereka diharapkan tidak kaget.

Kegiatan yang diselenggarakan pada MABIS ini cukup beragam. Ada game-game sebagai sarana hiburan. Ada pemberian materi tentang pengalaman kehidupan pesantren, ke-NU-an, pengenalan guru-guru, wejangan Pimpinan dan sebagainya.

Juga diselenggarakan Perkemahan Pengenalan Santri Baru (PPSB), supaya terjalin keakraban antara santri baru dengan santri-santri yang sudah lama. Kegiatan PPSB ini diselenggarakan dua hari satu malam, Jum’at-Sabtu (23-24 Juli 2021). Dalam PPSB ini mereka juga diberi game-game, materi dan hiking, untuk memberikan hiburan.

Setelah masa-masa santai, supaya betah di pondok, mereka mulai menjalani Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) MTs dan SMA Qothrotul Falah, juga Diniah Kitab Kuning, pada Senin, 26 Juli 2021.

Pada KBM kali ini, ada suasana yang berbeda, terutama di lingkup SMA Qothrotul Falah, karena terhitung sejak Senin, 26 Juli 2021, terjadi pergantian Kepala SMA, dari KH. Abdurohman Syatibi, M.Pd., ke H. Nurul H. Maarif.

Nurul H. Maarif, sesungguhnya tidak asing lagi di SMA Qothrotul Falah, karena juga pernah menjadi Kepala SMA pada 2009-2015. Dengan demikian, jabatan ini adalah yang kedua kalinya diemban. Sedangkan dalam lingkup MTs, semua masih sesuai semula.

Dalam struktur pengelolaan sekolah kali ini, Kepala SMA Nurul H. Maarif dan Kepala MTs Ahmad Turmudzi melakukan perombakan di lingkaran pimpinan sekolah. Misalnya, Waka Kurikulum dijabat Andri Fauzi, S.Sos., Waka Kesiswaan Nining Sariningsih, S.Sos., Waka Sarpras M.E. Sulaiman dan Kepala Tata Usaha Syifa F. Fajriyah. Bendahara masih dipegang Bunda Hj. Dede Saadah, M.Pd.

“Semuanya relative wajah baru dan belum punya pengalaman. Kita perlu kaderisasi, sehingga harus melibatkan orang-orang muda yang siap “berlari”. Semoga dalam dua tiga tahun ke depan, mereka sudah siap menjadi leader sesungguhnya,” ujar Nurul H. Maarif.

Tim Pengelola Sekolah juga melakukan beberapa perombakan. Pakaian guru, seragam santri, penataan ruangan kelas, penataan ruang perkantoran, dan banyak lagi. Semoga saja, ke depan sekolah kian bagus baik kualitas maupun kuantitasnya.

“Insya Allah, dengan berkerja sama dan terus “berlari”, kita semua akan mencapai titip finish terbaik,” ujarnya.

Dan di hari pertama, para santri tampak enjoy menjalani kegiatan perdananya. Insya Allah mereka diberikan yang terbaik, baik kesehatan fisik maupun kemampuan intelektualnya. Amin! [nhm]

Pondok Pesantren Qothrotul Falah

Alamat:
Jl. Sampay-Cileles Km. 5
Ds. Sumurbandung Kec. Cikulur Kab. Lebak
Provinsi Banten (43256)

E-mail :
info@qothrotulfalah.com

Developed by