Qothrotul Falah Salurkan Bantuan untuk Pengungsi Cihuni

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bencana pergeseran tanah yang menimpa warga Kampung Cihuni Desa Curug Panjang Kecamatan Cikulur Kabupaten Lebak, yang terjadi beberapa hari terakhir ini menghadirkan pilu dan duka yang mendalam.

Dampak bencana ini, sedikitnya 51 KK terpaksa harus keluar kampungnya. Rumah-rumah mereka rusak, dan tidak lagi layak huni karena membahayakan nyawa. Mereka harus mengungsi beserta keluarganya ke Lapangan Simpati. Sekitar 2 kilo dari rumah mereka.

Atas terjadinya musibah ini, simpati dan empati datang dari berbagai kalangan, termasuk Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten.

Pesantren yang dipimpin oleh KH. Ahmad Syatibi Hambali ini berinisiasi turut menggalang donasi dari berbagai pihak untuk membantu para korban.

“Walaupun tidak banyak, kami harus turut membantu mereka ala kadarnya. Ini sebentuk kepedulian sosial yang sepatutnya kita kedepankan,” ujar Hj. Bunda Saadah, salah satu inisiator penggalangan dan ini.

Dan al-Hamdulillah, Pesantren mendapat donasi dari berbagai pihak; guru, mahasiswa STAI La Tansa Mashiro, termasuk juga dari rekan-rekan di GKI Kepa Duri Jakarta.

“al-Hamdulillah banyak yang ikut memberikan donasi. Ini menunjukkan kita adalah makhluk sosial yang tidak bisa tinggal diam saat melihat saudara kita diterpa kesulitan,” ujar Bunda.

Untuk bantuan kali ini, kata Bunda, pihaknya menyalurkan 51 paket logistik dan 60 paket jajanan untuk anak-anak korban bencana. “Isinya ada beras, roti, susu, buskuit, kecap, kopi, gula, mie instan dan sebagainya. Semoga bantuan yang tak seberapa ini turut memberikan kebahagiaan pada mereka,” katanya.

Bantuan ini langsung diserahkan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Qothrotul Falah KH. Ahmad Syatibi Hambali dan istri, Hj. Siti Ammah pada warga terdampak, dan didampingi oleh Ketua Yayasan Qothrotul Falah KH. Abdurohman Syatibi, M.Pd., Waka Kurikulum Andri Fauzi, S.Sos., Komisioner Baznas Lebak H. Nurul H. Maarif, Kepala MTs Qothrotul Falah Ahmad Turmudzi, M.Pd., dan lainnya.

Perwakilan warga, Lurah Desa Curug Panjang Yadi, Ketua RT Soleh dan tokoh masyarakat Ubaidillah, M.Si., juga tampak mendampingi pembagian logistik ini. Para relawan dari BNPB juga tampak hadir di lokasi.

Insya Allah, ujar Bunda, ke depan penggalangan dana ini akan kembali dilakukan supaya Pesantren bisa lebih banyak lagi memberikan manfaat untuk masyarakat. Amin! [nhm]

Pondok Pesantren Qothrotul Falah

Alamat:
Jl. Sampay-Cileles Km. 5
Ds. Sumurbandung Kec. Cikulur Kab. Lebak
Provinsi Banten (43256)

E-mail :
info@qothrotulfalah.com

Developed by